REFLEKSI 5 KITAB
A.
Yosua disebutkan alat Allah yang
maksudnya adalah dia setia kepada firman Allah dalam ketaatan kedisiplinan.
Maka Allah berperan atas dirinya, Allah berkuasa kepada Yosua untuk memimpin
bangsa Israel. Dan Yosua disebut alat bagi Allah, (DEUTERONOMISTIS): kata ini
dipakai untuk mencakup tulisan PL yang ada hubungannya dengan---kitab ulangan.
Berbagai kitab PL ditulis atau diolah kembali dalam kejiwaan D, terutama Yosua,
Hakim-hakim, dan raja-raja. Setuju dengan Brevard Childs bahwa
catatan tentang sejarah membuktikan bahwa Allah hadir ditengah-tengah umat
Israel melalui Yosua.
Banyak
orang juga menolak dengan tanggal peristiwa atau penaklukan yang dalam hal
inilah penolakan tanggal karena penaklukan Israel paling lama namun sejarah
Alkitab memperpendekan, oleh sebab itu orang banyak menolak.
1.
Nama
dan Artinya Yosua
Yosua bin Nun, cucu Elisama kepala suku Efraim. [1]
Tawarik 7:27; Bil 1:10. Yosua disebut dengan Hosean artinya: “keselamatan.”
Musa
menambahkan nama ilah.
dan
menyebutnya “Yehosyua “ dalam bahasa indonesia Yosua. Tetapi nama asli Yun:
Lesous artinya Yesus, mencerminkan penyusutan kata yang sama dalam bahasa Aram:
Yesyu (Nehemia 3:19) “Berdekatan dengan
dia Ezer bin Yesua, penguasa Mizpa, memperbaiki bagian yang berikut, di depan
pendakian ke gudang senjata, dekat Sudut.”
2. Kepemimpinan Yosua
Waktu itu mungkin dia sudah berumur 70 thn. Kaleb, temannya yg
lebih tua, lebih menonjol dan tegap, sudah berumur 85 thn waktu mereka mulai
menduduki pegunungan Yudea (Yos 15:13-15).
3. Yosua menduduki daerah
Gilgal
[2]Yosua menduduki dan memperkuat daerah Gilgal, dan berjaya
mengalahkan persekutuan-persekutuan bangsa-bangsa Kanaan. Ia memimpin
penyerangan-penyerangan sejauh itu merupakan kepentingan nasional Israel.
Pendudukan
negeri Kanaan dipercayakan pada kebijakan suku-suku, yg semangatnya didorong
oleh Yosua yg secara resmi mendapat bagian di Silo, dan yg menjadi kedudukan
tempat kudus nasional. Sewaktu masa akhir kepemimpinannya tiba, ia memberi
teladan dengan mengundurkan diri dan pindah ke tanahnya sendiri di Timnat-Serah
di G Efraim. Mungkin waktu itulah ia mengumpulkan orang Israel di Sikhem untuk
mengadakan perjanjian nasional (Yos 24). Ps 23 bisa juga merujuk kepada
kejadian yg sama, tapi substansinya berbeda, dan nampaknya meliputi masa yg
lebih kemudian. Yosua meninggal pada usia 110 thn, dikebumikan dekat
Timnat-Serah. Yosua, kitab. Yosua bin Yosedek, Imam Besar pada masa pemulihan
thn 537 sM. Pada zamannya dibangun kembali mezbah dan Bait Suci ditahbiskan.
Tapi laju pemulihan itu dihalangi oleh perlawanan. Untung pada thn 520 sM
hatinya diteguhkan oleh nubuat-nubuat Hagai dan Zakharia, yg juga mencakup
pembenaran oleh kasih karunia Allah yg nyata. Dalam nubuat Yosua disebut
‘Tunas’ (tsemakh, Za 6:12). Lih J
Stafford Wright, The Building of The Second Temple, 1958, untuk ikhtisar
masalah-masalah dalam Ezr dan Hag.
4. Yosua orang Bet-Semes disebut dalam, 1Sam 6:14; dialah pemilik
ladang, ke mana tabut perjanjian dibawa, waktu orang Filistin mengembalikannya
ke Israel.
I.
Kitab
Hakim-hakim
Ø Kitab
hakim-hakim adalah kitab ketujuh dari kitab PL. Kitab pentateukh dan Yos
menguraikan tentang sejarah bangsa Israel dari kematian Yosua sampai tampilnya
Samuel. Kitab ini mendapat namanya dari tokoh-tokoh utamanya, yaitu:
syopetimHakim-hakim 2:16 Maka TUHAN
membangkitkan hakim-hakim, yang menyelamatkan mereka dari tangan perampok itu.
Tapi ‘hakim-hakim’ ini lebih dari sekedar juru lerai secara hukum; mereka
adalah ‘penyelamat-penyelamat’ Hak 3:9, yg dengan karunia-karunia rohani
mendapat kekuatan dari Roh Kudus Allah untuk melepaskan dan melindungi Israel Hak
6:34 sampai didirikannya kerajaan Israel (bnd pemakaian kata yg sama untuk
penguasa tertinggi di Kartago, dan kata itu sama artinya dgn ‘raja’ dlm bh
Kanaan kuno, yaitu Ugarit, Anat 5.40. Yahweh sendirilah syofet kepala Hak
11:27.
Ø Peristiwa-peristiwa yang terjadi
sesuda Yosua meninggal
[3]Hak
1:1-2:5. Dengan penuh ketaatan selama beberapa tahun suku Yehuda dan Simeon
bergerak maju ke selatan untuk menaklukkan Bezek, Yerusalem (sayang tidak mampu
mempertahankannya, Hak 1:21, Hebron dan Debir (diduduki kembali sejak
dimusnahkan dalam.Yos 10:36,39, Horma dan 3 kampung Filistin (tidak dapat
dipertahankan, Hak 1:19. Begitu juga keturunan Yusuf (yaitu Manasye dan Efraim)
menaklukkan Betel Hak 1:22-26, yg memberontak bnd.Yos 8:17; 12:9. Tapi kemudian
menyusullah kegagalan: Israel tidak terus menumpas orang Kanaan,
kampung-kampung tidak lagi ditaklukkan Hak 1:27-36. Ternyata suku Dan sempat
diusir dari daerah bagian mereka Hak
1:34. Karena mereka tidak membasmi penduduk negeri itu, maka masa penghajaran
yg menyusul terpaksa diperpanjang Hak 2:1-5.Sejarah Israel pada zaman Hakim-hakim
Hak 2:6-16:3.
Ø Sejarah bangsa Israel pada zaman
Hakim-hakim Hak 2:6-16:31
Penulis memahami sejarah seperti seorang nabi Hak
2:6-3:6. Dasar utama baginya ialah pembalasan dari Allah: dalam upaya
pemeliharaan-Nya Allah mengganjar bangsa Israel sesuai kesetiaan mereka. Umat
Israel terus-menerus dicobai untuk mengikuti ibadat agama kesuburan yg
dipraktikkan orang Kanaan tetangga mereka, juga untuk mengikuti cara pertanian
dan patokan-patokan budaya mereka yg lebih unggul. Memang Yahweh membawa Israel
melalui padang gurun, tapi Baal kelihatannya lebih sanggup membuat tanaman
bertumbuh. Karena itu Kitab Hak menunjukkan suatu lingkaran dosa yg
diulang-ulangi (penyembahan Baal), penghambaan kepada bangsa-bangsa yg
menyerang, doa ke hadapan Allah pengasih memohon pembebasan, dan keselamatan
melalui hakim-hakim yg dibangkitkan Allah.
Ø Suatu Tambahan Hak 17:1-21:25
Bagian ini menyajikan keterangan rinci mengenai dua
peristiwa kemurtadan Israel yg paling dini (sebelum 1374 sM; bnd tampilnya
Pinehas dalam. Hak 20:28 dan disebutnya peristiwa-peristiwa sesuai ps 18 dlm
Yos 19:47, yg penulisnya adalah angkatan zaman penaklukan tanah Kanaan, Yos
5:1; 6:25; YOSUA, II). Tujuan tambahan ini ialah untuk menunjukkan betapa
gawatnya dosa Israel, dan di sini hampir setiap patokan Dasa Titah telah
dilanggar. Bagian tentang Mikha dan orang Dan (ps 17-18) menceritakan bagaimana
Mikha mencuri barang perak ibunya, kemudian ia mengubah hasil curiannya itu
menjadi patung berhala untuk kuil ilahnya Yos 17:5. Sementara itu seorang Lewi,
hamba Allah, mengembara tanpa tunjangan, sampai dia digaji oleh Mikha. Tapi kemudian
ternyata ia mengibuli majikannya tatkala ditawari jadi pimpinan oleh gerombolan
suku Dan yg tamak, penyembah berhala dan pembunuh itu Yos 18:25. Orang Lewi ini
ialah Yonatan, yg justru adalah keturunan Musa Hak 18:30. Memang hukum ke-7
tidak disebut, tapi ps berikutnya (19-21, perkosaan oleh suku Benyamin) tidak
hanya menguraikan perang saudara dan memberi tumpangan bagi penjahat-penjahat,
tapi juga persundalan dan gundik lari meninggalkan suami seorang Lewi Hak 19:2,
semburit, penggagahan dan perzinahan Hak 19:22-24 dan akhirnya penculikan
besar-besaran Hak 21:23. Hal-hal seperti itulah yg menjadi akibat jika ‘setiap
orang berbuat apa yg benar menurut pandangannya sendiri.’
Ø Latar belakang historis
Latar belakang historis zaman hakim-hakim, wilayah
per wilayah, berkaitan dengan orang Kanaan. Sebelum tanah Kanaan ditaklukkan
oleh orang Ibrani, Musa sudah memerintahkan supaya orang Kanaan itu
‘dikhususkan bagi Yahweh untuk dimusnahkan’ karena dua alasan: 1. hidup
percabulan mereka yg sudah tua sekali Ul 9:5; bnd Kej 9:22,25; 15:16; 2. karena
sifat mesum agama mereka yg akan mempengaruhi umat Allah Ul 7:4; sebab di atas
‘bukit-bukit pengorbanan’ 1Raj 3:4; Yeh 6:3 yang tak terkira jumlahnya orang
Kanaan menyembah ilah-ilah kesuburan, yaitu Baalim (bentuk jamak dari Baal)
dengan tata cara termasuk pelacuran bakti 1Raj 14:24 dan bahkan dengan
mengorbankan anak-anak 1Raj 11:31. Dengan demikian seluruh tanah Kanaan
ditundukkan oleh Yosua Yos 11:1 bnd. Yos 21:43. Tapi penduduk asli Kanaan belum
kehilangan kemampuan untuk melawan.
I.
[4]Kisa bangsa Israel, dan kehidupan
mereka di tanah kanaan, dalam Kitab Hakim-hakim tidak memberikan kisah sejarah
yang kronologis.
a)
Sifat
dan tema kitab Hakim-hakim
Pada
waktu para pemimpin bangsa Israel selama ini disebut “Hakim-hakim” didalam kitab ini terdapat tercatat tentang
empat belas orang hakim yang memerintah dan membebaskan bangsa
Israel.
Ø Suatu
generasi yang saleh
Ø Keturunan
yang bersikap acuh tak acuh secara rohani
Ø Kemurtadan
secara terang-terangan
Ø Hukum
Allah
Ø Pertobatan
nasional dan suatu masa kesalehan yang baru dan
Ø Seorang
pelepas (hakim) yang disediakan Allah.
b)
Hukuman
Allah terhadap bangsa Israel
Diperkirakan
bangsa Israel murtat atas pelanggaran mereka kepada Allah. Israel tidak setia
kepada Allah, dan Israel melakukan atas kehendak mereka sendiri.
c)
Pengarang
dan kronologi kitab
Kitab
ini ditulis pada masa pemerintahan Saul dan Daud, sebelum Daud menaklukan
Yerusalem. (bnd. Hak 1:12; II Sam 5:6-8; 18:31)
d)
Jabatan Hakim/Gelar hakim
[5]Seorang
hakim harus memenuhi tiga fungsi dibawa
ini. Kepemimpianan Militer Pemerintahan & Penyelesaian perselisihan. Jadi
para Hakim-hakim ini mereka tidak memerintah dengan kuasa mutlak, demikian pula
pemerintahan mereka tidak bersifat permanen. Dalam teori sepanjang masa ini
Allah harus tetap menjadi penguasa yang sebenarnya dari bangsa Israel. Beberapa
hakim secara khusus berhubungan dengan satu suku saja. Enam orang Hakim. Samgar,
Tola, Yair, Ebzan, Elon, Dan Abdon. Mungkin dipandang sebagai hakim-hakim kecil
sedangkan yang lainnya sebagai hakim-hakim besar.
II.
Kitab Hakim-hakim adalah bagian
penting dari kanon Alkitab, dan peristiwa-peristiwa dalam kitab ini kerap kali
disebut dalam kitab-kitab yang lain. Hakim-hakim menyingkapkan banyak sekali
data sejarah yang berharga. Akan tetapi, seperti yang telah diperhatikan,
peristiwa-peristiwa yang tercatat dalam kitab ini tidak perlu dalam urutan
kronologis. Pada umumnya disetujui bahwa
bahan yang terdapat empat pasal terakhir seharusnya datang sebelum pasal 2:13,
dan bahwa kitab tersebut seharusnya dimulai dengan pasal 2:6-9 mendahului pasal
pertama. Umumnya kitab ini menggambarkan bangsa Israel yang mulai dengan sikap
rendah hati yang sepenuhnya bergantung pada Allah (Haki-hakim 1:1-2:5), dan
kemudian semakin terbenam ke kedalaman yang semakin hebat sehingga memuncak
dalam kengerian yang diceritakan di empat pasal terakhir.
III.
Otniel,
Hakim yang diurapi (3:5-11) Otniel berasal dari suku Yehuda dan namanya
berarti “singa dari Allah” pemilihan otniel merupakan untuk menduduki jabatan hakim
merupakan tanggapan Allah terhadap doa-doa yang dipanjatkan bangsa Israel.
Otniel membebaskan bangsa Israel dari penindasan pertama yang mereka alami
sejak mereka bermungkin di tanah perjanjian.
IV.
Ehud,
Hakim yang Kidal (3:12-30) Ehud berasal dari suku Benyamin.
Ehud berperan sebagai pembebas atau hakim sesudah bangsa Israel menderita
selama delapan belas tahun di bawah pemerintahan Eglon, raja Moab. Dalam
penindasan bangsa Israel: orang Moab bergabung dengan oran Amon dan orang
Amalek.
V.
Samgar,
Hakim dengan Tongkat Penghalau Lembu (3:31) seluruh
keterangaan Alkitab tentang Samgar terbatas pada sebuah ayat, “sesudah dia,
bangkitlah Samgarbin Anat; ia menewaskan orang Filistin dengan tongkat
penghalau lembu, enam ratus orang banyaknya. Demikianlah, ia juga menyelamatkan
orang Israel.” Sebuah tongkat penghalau lembu adalah sebuah galah yang uungnya
diruncingkan dengan panjang 3 M.
VI.
Deborah
dan Barak, para Hakim yang memerintah bersamaan (4:1-5:31) Allah
membangkitkan Debora sebagai tanggapan terhadap doa umat Israel sesudah dua
puluh tahun berada dibawah penindasan orang Kanaan. Deborah adalah wanita
pertama yang tercatat dalam sejarah orang untuk memimpin suatu bangsa (atau
sekurang-kurangnya gabungan dari beberapa suku). Arti dari namanya Debora
berarti Lebah: telah memberinya sebutan “Ratu Lebah Israel.” Satu-satunya wanita lain yang mengepalai
negara yang disebutkan dalam Alkitab adalah Atalya, seorang perebut kekuasaan.
II.
Kitab
Rut
[6][Index
Ensiklopedi Alkitab Masa Kini 00000]. Dalam Alkitab Ibrani Kitab Rut adalah
salah satu dari lima ‘Megilloth’ atau ‘gulungan’, termasuk ‘Tulisan’ (ketubim),
bagian ketiga dari kanon PL. Kitab Rut dibaca oleh masyarakat Yahudi pada Hari
Raya Tujuh Minggu. Dalam LXX, Vulg, dan kebanyakan terjemahan modern Rut berada
tepat sesudah Hak; Yosefus (Contra Apionem 8) rupanya menganggap Rut tambahan
pada Hak dan tidak menghitungnya dalam menjumlahkan kitab kanonik. Mengenai
cerita Rut, RUT.
1.
Nama
dan arti Rut ialah:
Rut
1:4 Keduanya mengambil perempuan Moab:
yang pertama bernama Orpa, yang kedua bernama Rut; Rut artinya
Persahabatan”Rut 1:4. Orang Moab; janda yang pergi ke Betlehem dengan ibu
mertuanya Naomi Rut 1:1-22.
Pungut jelai di ladang
Boaz; dipertunjukkan belas kasihan Rut 2:1-23. Boaz minta menikah dengan Rut
(dalam Rut 3:1-18. Menikah Rut 4:1-12; melahirkan Obed, nenek moyang Daud Rut
4:13-22, dan Yesus Mat 1:5.” Dan mereka diam di situ kira-kira sepuluh tahun
lamanya Ruth.
I. Garis besar kitab
Rut adalah sebagai berikut:
a.
Naomi, janda, kedua anaknya sudah
tiada. Ia meninggalkan Moab, kembali ke negerinya. Betlehem, beserta menantunya
Rut. orang Moab Rut 1:1-22.
b.
Rut memungut bulir jelai di ladang
sanak Naomi, Boas Rut 2:1-23.
c.
Rut menghimbau Boas untuk bertindak
menjadi penebus Rut 3:1-18.
d.
Rut menikah dengan Boas dan melahirkan
Obed Rut 4:1-17.
e.
Disebut Pertama Rut 1:4
f.
Terakhir Disebut Matius .1:5
g.
Namanya Disebut 13 kali
h.
Kitab Yang Menyebut: 2 buku:Rut dan
Matius
i.
Keturunan Daud-Rut 4:21,22
j.
Suami Makhom dan Boaz-Rut 4:10-13
k.
Anak Laki-Laki Obed-Rut 4:13-17
l.
Silsilah dari Peres sampai Daud Rut
4:18-22.
·
Latar
belakang sejarah.
Menurut penulis kitab survei perjanjian lama. [7]Tidak
ada bukti cukup untuk menempatkan kisah ini dengan keyakinan pada suatu bagian
tertentu dari periode hakim-hakim.Tidak banyak orang yang diketahui tentang
bangsa Rut, yaitu orang Moab, selama periode hakim-hakim selain penindasan
singkat terhadap Israel pada zaman Ehud. Ia Menantu Naomi, Istri Maklon,
Setelah Maklon Mati Ia Ikut Naomi Pulang Ke Betlehem Dan Kemudian Menjadi Istri
Boaz. Ia Nenek Daud Rut 4:13,21-22.
·
Latar
belakang penulisan.
Kitab Rut berisi amat banyak dialok dan mempunyai bermacam-macam perlengkapan
sastra dari sebuah drama empat babak. Hal ini menyebabkan semakin banyak ahli
memperlakukan kitab ini sebagai cerita rakyat.
·
[8]Tema-tema
utama tentang penebus yang masih kerabat dekat.
Di bawah hukum ini, jika seseorang mati tanpa
mempunyai seorang anak laki-laki, saudaranya wajib untuk memperanakkan seorang
anak laki-laki melalui jandanya. Karena itu anak laki-laki itu diangkap sebagai
pewaris dari saudaranya yang mati, yang menjadi kepala keluarga. Keduanya
merupakan-ketetapan sosial yang dengannya janji-janji dalam perjanjian Tuhan
dapat terus terwujud bahkan untuk keluarga-keluarga yang berada dalam keadaan
kritis. Go’el itu menyediakan cata untuk memperolh kembali berkat-berkat
perjanjian yang terancam bahaya dan dengan demikian dapat menjadi gambaran yang
tepat untuk kasih karunia Allah. Secara terus-menerus Yahweh bertindak sebagai
go’el untuk Israel, dan Perjanjian Baru dengan sangat tepat menerapkan konsep
itu bagi peranan Kristus.
Ḫeset
Yang paling sering berhubungan
dengan kesetiaan pada perjanjian Tuhan, maka istilah Ḫesed mengandung semua implikasih yang sangat
jauh jangkauannya sehubungan dengan kesetiaan-Nya. Versi Alkitab King James
berulang-ulang menerjemahkan istilah tersebut sebagai “kemurahan”, sementara
versi New American Standard memilih istilah majemuk “kasih setia”. Kedua istila
ini baru mulai memperkenalkan bermacam-macam cara yang berbeda-beda yang
dipakai Allah untuk menunjukan kesetiaan-Nya pada perjanjian. Keanekaragaman
ini dicerminkan dalam keputusan yang diambil oleh para penerjemah New
Internasional Versi yang mempergunakan serentetan istilah: kebaikan, kasih,
kesetiaan dan masih banyak lagi.
Rut adalah sebuah kitab mengenai Ḫesed baik pada tingkat manusia maupun
pada tingkat ilahi. Pernyataan yang paling tegas tentang ini terdapat dalam
pernyataan komitmen Rut yang paling mengharukan pada Naomi (1:16-17). Sifat
inilah membuat Boaz menyukai dia (2:12). Demikian pula Boaz dipuji karena Ḫesed yang ditunjukkannya pada Naomi
(2:20, di mana pokok kalimatnya adalah Boaz [ demikian NIV] dan bukan Yahweh).
1&2
Samuel.
Bahasa
Ibrarani (Semuel (?) nama Allah). Anak amihud, pemimpin suku simeon yang
diangkat untuk membantu pembagian tanah Kanaan (Bil 34:20). Dalam Bil 1:6;
2:12; 7:36, 41; 10:19, pemimpin suku ini disebut Selumiel bin Zurisyadai, dan
dalam semua ini nama Selumiel dipakai oleh Lxx. 2. Seorang cucu Isakhar (1 Taw
7:2).
Kitab-kitab Samuel mencatat peralihan Israel dari
pemerintahan teokrasi menjadi monarki, pemerintahan Saul, dan pemerintahan Daud
mencakup kurun waktu kira-kira 100 tahun, antara tahun 1050 sampai 950 sM.
Penulis kitab ini adalah para penulis Kitab-kitab itu tidak disebut. Mungkin Samuel
bersama dengan Natan dan Gad, sebagai tersirat dalam 1 Taw 29:29. ‘sesungguhnya
riwayat raja Daud dari awal sampai akhir tertulis dalam riwayat Samuel, pelihat
itu’. Secara dikatakan jelas dikatakan bahwa Samuel sendiri membuat
catatan-catatan (1 Sam 10:25).
a) 1
Samuel 24:1-23. Jumalah ayat 23, kebaikan Raja Daud kepada Saul hidup. Daud
bersama-sama dengang orang-orang yang telah di siapkannya untuk berperan, Saul
dan mempersiapkan perajurit kira-kira sebanyak Enam ratus orang banyaknya
(23:13) lalu mereka ada di padang gurun En-gedi
b) Saul:
Saul mempersiapkan Tiga ribuh orang yang terpilih dari seluruh orang Israel.
Mereka pergi untuk mencari Raja Daud untuk membunuh, kemudian Saul masuk di Gua
itu dan mencari Daud (24:4).
c) Daud:
Daud telah tiba hari yang Tuhan Firmankan untuk menyerahkan musuh di tangannya
Daud, dan orang-orang Daud mengingatkan padanya. (24:5) maka bangunlah Raja
Daud dan memotong jubah Saul. Tetapi berdebar hati Daud karena ia telah
memotong punca Saul dengan diam-diam.
d) Daud
sadar bahwa Saul adalah yang sudah di urapi oleh Allah. Dan berkatalah Raja
Daul kepada Saul. “Tuan Raja ” dan Daud sujud menjemba Saul (ayt 8-10)
e) Daud
berkatalah bahwa pada hari ini matamu sendiri melihat, bahwa Tuhan menyerahkan
engkau kedalam tangan aku di dalam Gua ini. Ada orang yang menyuruh aku
membunuh engkau namun “Aku sayang kepadamu” karena engkaulah yang diurapi
Allah. Aku berbuat dosa terhadap engkau.
f) Pasal
24:7,16. Daud menyadari bahwa Saul adalah orang yang sudah diurapi oleh Allah
karena Raja Daud tidak membunuh dia, yang akan membalas kejahatan Saul adalah
Allah sendiri. Sebenarnya Raja Daud takut, tetapi Daud merasa menghormati dan
mengasihi.
Gambaran jaminan Raja daud, adalah dalam
pasal 7:1-7. Tetapi janji berkat Raja Daud di ayat 5,8,17. Takut akan Tuhan
berarti taat kepada Firman Allah dan melakukan bukan hanya diperkatakan dari
mulut saja melainkan melakukan. Dan raja Daud pernah melakukan sedemikian rupah
sehingga Allah memperhitungkannya.
Kesimpulan:
·
Berkat yang telah saya dapat dari hasil bacaan
Alkitab, buku-buku, dan melalui Ibu Ester Susiana Rahayu, melalui mata kulia
ini adalah bahwa. Allah setia pada awal dan akhir keberadaan umat-Nya. Meskikup
dosa manusia yang sangat besar namun Allah tetap setia, untuk menolong dan
memberkati umat-Nya. Dalam perjanjian Allah kepada Abraham Ishak dan Yakub
sampai kepada bangsa Israel keluar dari perbudakan, Allah tetap setia untuk
menolong mereka.
·
Manusia yang sangat tidak menghargai dan
tidak sama sekali mengerti keajaiban Tuhan dalam perjalanan bangsa Israel ke
Tanah Perjanjian Kanaan. Mereka merontak kepada Musa dan mereka membuat patung
untuk mereka beribada dan menyemba dia sebagai allah. Bangsa Israel adalah umat
pilihan Allah, namun kenyataannya kehidupan mereka tidak sesuai dengan kehendak
Allah dalam perjalan menujuh ke Tanah Perjanjian. Bangsa yang sangat amat
pemberontak, tetapi Kasih Allah tetap setia pada mereka.
·
kehidupan manusia bangsa Israel sangat
berharga di mata Tuhan. Namun sayangnya bangsa ini tidak semua yang melihat
tanah Perjanjian. Karena mereka melakukan sesuai keinginan mereka
masing-masing. Dan masih dalam kehidupan dosa. Oleh karena itu mereka semua
mati dan tidak dapat melihat berkat-berkat yang Allah janjikan kepada mereka.
·
Karena itu yang hendak melihat dan
menikmati tanah perjanjian yaitu, Yosua.Yosua ialah orang yang sangat amat
kreatif, dalam kesetiaan sikap terhadap Allah dan kepada bangsa Israel. Dia
orang yang saleh sungguh-sungguh taat kepada Allah, artinya dia alat Allah yang
sangat baik, dimata Tuhan. Kedisiplinan ketaatan dan kesetiaan kepada Firman.
·
Berkat bagi saya, melalui perkuliahan
ini yaitu: jika kita berpaling kembali kepada hidup dalam dosa dan tidak taat
kepada Firman, maka keadilan Allah tetap menghukum kita. Allah tidak memandang
muka dan tidak memilih-milih, Allah
[1] Alkitab Terjemahan Baru, ATB
(Lembaga Alkitab Indonesia
Jakarta
2002)
[2] Sabda OLB versi Indonesia 4.30 versi Beta, Ensiklopedi Alkitab Masa Kini.
[3] Ensiklopedi Alkitab Masa Kini
(jakarta: Yayasan Komunikasih Bima Kasih/OMF 10510) 627-628
[4] Andrew
E. Hill & John H. Walton Survei
Perjanjian Lama, (Malang: Jawa Timur 64101, Gandum Mas)
[5] Walter
C. Kaiser, Jr. Teologia Perjanjian Lama, (Malang:
Jawa Timur 65101) 277-292
[6] Sabda OLB versi Indonesia 4.30
versi Beta. (Ensiklopedi Alkitab Masa Kini )
[7] Andrew E. John H. Hill &
Walton Survei Perjanjian Lama (Malang:
Jawa Timur 65101)
[8] Robert L. Hubbard, The Book of Ruth (Grend Rapids:
Eerdmans, 1988), 40-42.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar